Wednesday, October 04, 2006


Mr. Sam in action

Diksusi "enjoy sculpture"

Diskusi dengan tema "Against Monumentalism" ini lebih dekat dengan artist talk, atau presentasi seniman. Dua pembicaranya, masing-masing memang praktisi seni, Samuel Indratma, di ruang publik, dan Yuli Prayitno di ruang pamer. Samuel melontarkan gagasan mengenai kemungkinan-kemungkinan orientasi dalam berkarya seni tiga dimensional dalam kaitannya dengan ruang publik dan masyarakat pengguna ruang tersebut. Strategi apa yang bisa dilakukan untuk mendekati publik? Apa yang terjadi sebenarnya dalam ruang publik dalam kaitannya dengan karya seni tiga dimensional?

Yuli Prayitno mempresentasikan karya-karyanya sebagai sebuah usaha untuk mengarungi media seni patung dengan bermacam batasannya. Karya-karya Yuli memperlihatkan bahwa dengan seni patung, Yuli tetap mampu menikmati kekebasan dalam media dan gagasan. Sebagai seniman, dalam diskusi ini Yuli berusaha melontarkan akar persoalan yang dirasakan oleh pematung dalam menghadapi kebekuan wacana seni patung sebagai medium seni rupa. Apa persoalan yang bisa digarap oleh para pematung? Apa peran yang bisa diambil oleh seniman pematung dalam merespon persoalan-persoalan teknologi, dan perkembangan gagasan yang kontekstual?

Diselenggarakan oleh Forum Studi Tri Matra di kampus FSR ISI Yogyakarta, beberapa bulan yang lalu dalam rangka pameran "enjoy sculpture".

No comments: