Wednesday, October 04, 2006

Enjoy Sulpture

Enjoy Sculpture

Galeri Katamsi, Jurusan Seni Murni lt.2 jl.Parangtritis Km 6,5 Yogyakarta

Kurator: Nano Warsono

Sebuah pameran yang hendak merefresh kembali gagasan yang beku tentang seni patung modern di Indonesia, melihat kembali secara utuh gagasan tentang seni patung sebagai seni yang tidak stagnan pada sekedar gagasan estetis ataupun bentuk yang selama ini lebih dominan dalam seni patung. Peserta pameran mendefinisikan sendiri gagasannya tentang seni patung: antara ruang, ide, dan gagasan. Permasalahan seni patung juga bukan lagi masalah keruangan secara sempit tentang volume, cahaya, texture dan sebagainya. Pameran ini juga ingin mengajak seniman untuk melakukan aktivitas dalam membuat karya seni patung yang lebih sederhana dan lebih bisa dinikmati mungkin bukan lagi sebagai aktivitas membuat patung tetapi bisa juga sebagai aktivitas bermain.

Pameran ini diikuti tidak hanya dari seniman atau mahasiswa yang bergelut dengan seni patung, tetapi juga seniman dan mahasiswa yang lain seperti dari lukis, grafis, disain grafis, interior, dan kurator. Hal ini untuk melihat perspektif patung dari sudut pandang yang lain. Pameran ini di ikuti sekitar 50 perupa.

Pameran berlangsung di Galeri Katamsi, jurusan seni murni FSR ISI Yogyakarta dari tanggal 17-29 April 2006. Dalam rangkaian acara ini juga diadakan diskusi dengan tema: Against Monumentalism, dengan pembicara Samuel Indratma (Praktisi & Pengamat Seni di ruang publik) dan Yuli Prayitno (Pematung Kontemporer ) dan moderator M.Rain Rosidi S.Sn (Kurator dan Seniman ). Diskusi diadakan tanggal 22 April 2006 di ruang audio visual jurusan seni murni FSR ISI Yogyakarta.****fin

1 comment:

Anonymous said...

good